Membuat Animasi 3D Eevee Aesthetic Environtment dengan Software Blender 2.8

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat animasi 3D Eevee Aesthetic dengan software Blender. Yang mana di vidio yang saya buat terlihat seperti sekumpulan orang yang yang berada di suatu tempat unik sedang melakukan ritual suatu kepercayaan dengan menyembah Sebuah Artefak yang dipimpin oleh seorang pemimpinnya.





Agar mudah disini saya akan bagi menjadi 3 bagian pembuatan :
  1. Membuat Artefak (Membentuk dan membuatnya berputar, dan juga membuat Eevee)
  2. Memasukan karakter sebagai pelengkap dari Mixamo (Import Character)
  3. Membuat tembok berbentuk abstrak (Sebagai bagian dari Environtment nya)





















Terlebih dahulu anda instal Software blender nya. software ini merupakan software open source yang anda bisa dapatkan secara gratis di website resminya.  

Baiklah jika anda sudah menginstal software Blendernya, kita langusng masuk ke bagian pertama.

Membuat Artefak


Saat anda mambuka blender akan terlihat tampilan utama blender yang terdiri dari beberapa objek yang juga terdapat pada layer nya seperti ini :





















Kita bisa menghapus kubus tersebut dengan mengklik objek tersebut dan menekan X pada keyboard, lalu kemudian pilih Delete

Setelah itu kita buat alas dengen dengan mengklik menu add, kemudian Mesh, lalu pilih Plane.
Kemudian kita Scale atau perbesar dengan icon Scale atau kita bisa dengan menekan shortcut tombol S pada keyboard kemudian geser dan sesuaikan.
kemudian kita membuat aftefaknya. artefak tersebuat dasarnya adalah dua buah kotak yang kita scale dibagian bawahnya dan kemudian kita gabungkan.
caranya adalah seperti gambar berikut :
Setelah kita pindahkan dan sesuaikan, kita pencet tab pada keyboard
*Kita dapat merubah arah kamera, sudut kamera, atau zoom in zoom out dengan mengkombinasikan tombol shift dan menekan tombol Scroll mouse (middle click).

arahkan camera ke bagian bawah, kemudian kita seleksi hanya bagian dasar kubus tersebut, kemudian kita pencet tombol S pada keyboard (kita scale) geser ke tengah dan kecilkan seperti gambar berikut :
Untuk bagian atas nya juga sama, kita lakukan seperi itu dan kemudian gabungkan sehingga membentuk si artefak ini :

kemudian kita masuk ke objek mode

 Kemudian kita atur dengan icon Scale sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.

Setelah jadi, langkah berikutnya adalah memberi Shader agar si artefak terlihat menarik
caranya adalah :
Kita klik Shading pada bagian atas, kemudian klik +New, maka akan otomatis muncul seperti ini :
cara menambahkan nya sangat mudah hanya tinggal drag & drop seperti puzzle
 pertama kita tekan add dan kita cari yang kita butuhkan, misalnya mix shader
 setelah itu kita klik enter, kama otomatis akan menambah kotak baru
 setelah itu kita arakhan atau drag ke tengah di antara garis, lalu setelah itu kemudian lepas.
*Tanpa di drag kita juga bisa menghubungkan kotak shader tersebut dengan menarik dari titik ke titik yang kita butuhkan.

nah setelah itu mari ikuti desain shader yang saya buat seperti ini :
Kalau untuk pemilihan warna bebas ternggantung selera masing-masing.

kemudian pada bagian render engine kita ganti menjadi Eevee (ini adalah bagian penting untuk membuat looknya, jangan sampai lupa) dan untuk menghindari laptop anda berat hilangkan ceklis seperti pada ambient dan Bloom.
kemudian untuk settingan lampu dan word nya kita buat seperti ini :


Setelah selesai dengan word dan shader si artefak, selanjutnya agar si alas terlihat menarik, kita berikan juga shader kepada alas. kira-kira shader yang saya berikan seperti ini :
pada artefak kita tambahkan wireframe agar di sudut dan di setiap sisinya terlihat seperti ada tepi pembatas. cara settingnya adalah seperti ini :

setelah selesai dan kita klik, maka hasilnya akan terlihat seperti ini :

Memasukan karakter sebagai pelengkap dari Mixamo

Kita bisa mencari berbagai karakter di mixamo, kebetulan saya menemukan karakter yang cocok untuk konsep yang saya inginkan. caranya mudah sekali, ikuti langkah berikut ini:
 Contoh disini saya mencari karakter orang yang sedang berdoa, setelah itu kemudian kita klik download.
Setelah kita download kita masuk kembali ke Blender kita, pada file yang sama, kita klik file kemudian kita klik import dan cari file yang kita unduh tadi.
kita bisa pilih berapa kali mau memasukkan charracter, atau bisa juga kita lakukan dengan cara Copy paste pada Charracter tersebut di bagian layer.
Karakter tersebut bisa juga kita geser dan rubah ukurannya. (dan untuk pergerakannya si orang yang kita import ini sudah bisa bergerak sendiri, namun hanya bergerak dalam beberapa frame saja.
kalian juga dapat mempercantiknya dengen menambahkan lapu.

jika sudah, maka kita tinggal lanjut ke bagian akhir, yaitu

Membuat tembok berbentuk abstrak


saya akan membuatnya di lembar kosong saja, agar kalian lebih mudah memahaminya, karna di world ini akan terlihat gelap dikarnakan sudah saya ganti tadi, nanti kalian akan susah melihatnya.

untuk membuat temboknya, pertama-tama anda buat kubus seperti biasa tadi, kemudian anda scale menjadi persegi panjang, kira-seukuran tembok yang kalian inginkan.

Kemudian kita pencet tab dan kemuddian klik kanan, lalu pilih subdivine.

kita setting subdivine seperti gambar dibawah ini.





















Setelah itu kita pilih bagian yang ingin kita scaramble, usahakan pilih secara acak dan menyebar.
caranya adalah dengan menahan tombil shift pada keyboard, dan mulai menyeleksi :

kemudian kita tarik dengan icon Transform, seperti ini :

setelah 3 tahap tersebut dilakukan, maka jadilah seperti ini :
Karna ini basicnya cube, keunikan dari si blender ini adalah jika membuat objek yang sama, shader si objek ke dua akan otomatis mengikuti shader yang diterapkan di objek yang pertama. Jadi kita tidak usah menyetting shadingnya lagi karna sudah otomatis.






















Finishing (membuat si Artefak berputar dan menjadikan nya vidio)

oke, kita sampai pada tahap akhir yaitu membuat si artefak bergerak berputar.
caranya adalah seperti ini :


pertama klik objek cube tersebut, kemudian pilih menu objek properties
kemudian kita sesuaikan letak posisi dan sudut kamera yang kita inginkan
ini adalah sudut kamera :
yang akan muncul di render adalah yang ada di dalam kotak yang bergaris putus-putus.

kita klik si artefak, kemudian kita klik pada frame 1




kemudian pada objek properties, kita isikan 3 derajat pada pada sumbu z
kemudian kita pindah ke frame 120, dan kita isikan pada sumbu Z sebanyak 720 derajar.
Bagian inilah yang membuatnya berotasi sesuai frame dan akhirnya berputar.

Rendering menjadi Vidio

Pada bagian Scene, ikuti settingan saya berikut ini :

kemudian ke bagian atas pilih render, kemudian Render Animation.




Tonton Vidionya di Chanel Youtube saya :


Komentar