Membuat Animasi Stickman 2 Dimensi dengan Software Blender 2.8

Disini saya akan menberikan tutorial membuat animasi yang sangat sederhana ala-ala Stickman 2 dimensi dengan software Blender. Animasinya kurang lebih seperti ini :


tanpa berbasa-basi mari kita langsung ke tutorialnya.

Instal software Blender 2.8, Instal, dan buka

Karna software blender ini bersifat open source, maka kita dapat mendownload nya secara gratis melalu website resminya Download blender disini saya menggunakan blender versi 2.8 karna di versi ini sudah disediakan banyak fitur terbalu dari blender.


Setelah kalian instal dan buka, maka halaman awalnya akan seperti ini :

Karna tujuan kita adalah membuat animasi 2D, maka kita klik pada pilihan 2D Animation seperti yang saya tandai pada gambar di atas. setelah kita klik maka akan muncul tampilan seperti ini :
Jika kalian sudah melihat tutorial pembuatan animasi 3D saya sebelumnya makan kalian akan tahu bahwa ini bukan merupakan selembaran kertas kosong, melainkan ini adalah perspektif dari sudut kamera.

Membuat gambaran awal








Kita setting terlebih dahulu Strength menjadi 1000 dan Radius menjadi 80px. Tujuan nya adalah agar garis yang kita buat menjadi tegas dan ukuran garisnya menjadi 80 pixel.

Kemudian kita mambuar garis dengan icon Line pada menu draw seperti yang saya tandai pada gambar di atas. membuat garisnya sangat mudah kita hanya tinggal tekan dan tarik saja pada sudut awal dan akhir yang kita inginkan.

Kemudian kita pindah ke edit mode






Kemudian kita klik Select only points seperti pada gambar yang saya tandai sehingga garis yang kita buat tadi mempunyai 8 titik sepperti gambar dibawah ini :


Kemudian kita pilih titik ke 3,4, dan 5, dengan menggunakan icon select box caranya sangat mudah yaitu hanya seperti memblok area saja hingga terseleksi

Kemudian kita pencet tombol X pada keyboard kemudian pilih Disolve, maka setelah itu 3 bagian yang kita seleksi tadi akan menjadi 1 bagian saja
Kemudian kita pilih titik pertama, dan kemudian kita tekan tombol G pada keyboar untuk memindahkan, atau kita bisa menggunakan icon move pada bagian kiri layar. kemudian stelah menekan G kita geser ke atas
lakukan terus langkah - langkah seperti diatas sampai kalian membantuk seolah-olah bentuk W seperti gambar dibawah ini :
YUP!! selamat, kita telah berhasil membuat lengan si Stickman.


Kemudian kita blok titik diatas dan kemudian kita pencet tombol E pada keyboard dan kemudian kita geser mouse ke bawah. saat kita geser muse ke bawah secara otomatis akan membuat garis yang mengikuti kemana arah mouse kita.

Lakukan terus langkah seperti gambar diatas dengan tombol E hingga kita mendapatkan bentuk kaki.
Nah sekarang kita hanya tinggal membuat kepalanya.

Kemudian kita kembali ke menu Draw dan kemudian kita gambar kepalanya dengan menu Circle.



Kemudian untuk menyambungkan antara badan dengan kepala (membuat leher) kita dapat melakukan nya seperti gambar di atas dengan cara pilih 2 titik (kita dapat melakukannya dengan cara menyelekasi seperti tadi. kemudian kita kembali ke menu edit mode dan kemudian kita pilih Merge point pada menu point.

Dan kita telah selesai membuat si Stickman nya, sekarang hanya tinggal membuat nya bergerak. ini merupakan bagian yang memerlukan ketelitian.

Mengatur Frame (Membuat Stickman bergerak)

Jika kita lihat ke bagian bawah, ada sebuah timeline yang terdiri atas beberapa frame, 1,20,30.., dan seterusnya. Dibagian inilah yang membuat si stickman kita seolah-olah bergerak dan hidup.

Atur posisi yang kita inginkan dengan cara menekan tombol G tadi


Kita dapat menduplikat stickman kita di Objek mode dengan cara mengcopy paste (CTRL + C kemudian CTRL+V) jangan lupa juga kita gunakan menu morror, dan pastikan anda menduplikatnya masih dalam satu frame yang sama seperti gambar yang saya tandai di bawah :

 Kemudian klik kanan dan pilih menu Mirror Point, sehingga membentuk behadap-hadapan.

Dan pastikan juga anda menduplikasinya masih dalam 1 frame yang sama, seperti yang saya tandai ini :

kemudian kita pindah ke frame 20 dan ubah posisi si stickman dengan tombol G tadi.
Contoh :
kemudian kita arahkan framme nya kesini :
dan kemudian di bagian meu interpolate kita pilih Sequence :
Kemudian nanti di bagian timeline dia akan membantuk frame-frame secara otomatis seperti gambar dibawah ini :
  
Tujuan nya adalah agar gerakan perpindahan dari si Stickman kita ini terlihat halus, natural dan tidak kaku.

lakukan cara diatas hingga ke frame akhir, anda harus berimajinasi untuk membuat koreografi si stickman tersebut.

Lakukan cara tersebut sampai ke akhir frame yang kalian inhinkan.
Disini saya telah membuatnya sampai 290 frame.

Mengkonversi menjadi Vidio animasi

setelah anda selesai membuat hingga ke frame akhir, inilah saatnya untuk membuat output nya menjadi vidio.

di bagian kanan kita pilih Output properties












ikuti langkah settingan saya seperi gambar dibawah ini :

























Dan selesaii!!, kita ttelah berhasil membuat animasi Stickman.










Tonton Vidionya di Channel Youtube saya :

Komentar